19 Mei 2014

If you want to know the things on my mind

Baru pulang dari Gunung Gede, dan sekarang bukan mau nyeritain tentang Gunung Gedenya, tapi mau cerita tentang apa yang gue pikirin disana. Gue tiba-tiba memutuskan buat mau jalan jauh dari yang lain waktu naik, dan lalu gue jalan sendiri menikmati alam pertiwi sambil memikirkan banyak hal, sendiri dan menyenangkan.

Pertama, seorang Tias Arifiandi Nugraha pernah bertanya, buat apa naik gunung? Dan sejak itu pertanyaan itu terus menggema di otak gue, Iya juga ya, buat apa mau susah-susahan naik gunung? Capek. Pegel. Sakit. Susah. Repot. Ribet. Dan jawabannya? Belum ketemu ! Hahahaha. Gue sempet jawab, gue naik gunung buat tau siapa yang temen gue dan siapa yang bukan, tapi ternyata bukan itu. Karna temen gue naik gunung ada yang ternyata bukan temen gue, dan itu artinya gue salah.

Masih tentang kenapa naik gunung, gue ngga tau. karna setiap naik atau turun gunung, gue sering mikir "Ogahh gue naik gunung lagi ! Ga bakal naik gunung dalam beberapa bulan kedepan." Tapi lalu, 1-2 hari setelah gue sampe di bawah, gue kangen parah! Gue udah kangen naik gunung walopun betis sama paha masih pegel. Aneh ya. Hahaha. Dan gue tidak bisa menjelaskan kenapa gue bisa kaya gitu. Gunung itu punya sesuatu yang bikin kangen, ngga tau apa. Apalagi gue ngga suka sama jakarta !

Dan lalu gue juga berfikir, mungkin, hanya mungkin, gunung itu jadi tempat gue lari. Lari dari semuanyaaa! Dari sekolah terutama. Huff. Jadi bukan naik gunung yang ganggu sekolah, tapi karna gue ga mau sekolah, jadi gue harus cari kegiatan lain, dan gue menemukan gunung. Jadi gue naik gunung buat ngisi waktu yang kosong karna gue ngga mau belajar.

Kedua, nyokap gue sering bilang kaya "Naik gunung ngga bisa nentuin masa depan kamu". Dan setelah gue memikirkannya dengan sangat tersiksa, bener juga ya nyokap gue. Kecuali gue mau jadi mbak-mbak Jejak Petualang, naik gunung ngga bakalan bisa bikin gue idup, Dan itu menyedihkan ! Kalo udah gede gue mau jalan-jalan terus dibayarin dan dibayar karna jalan-jalan. What a perfect job ! Tapi oke balik lagi, naik gunung ngga bisa menentukan masa depan gue, dan itu benar. Gue setuju. Walopun gue tersiksaaaaaaa.

Ketiga, SISGAHANA (Pecinta alam SMAN 70 Jakarta) keren, apapun baik buruknya, kurang lebihnya, Sisgahana adalah tempat yang menurut gue rumah, tempat dimana gue nyaman, dan tempat yang gue yakin gue akan balik lagi ke sana kalopun gue udah gede. gue utang banyak sama Sisgahana, karna tempat itu udah ngajarin gue banyak hal, dan gue inget senior gue pernah bilang, 'Bukan apa yang Sisgahana kasih buat lo, tapi apa yang lo kasih buat Sisgahana'. Dan itu yang gue inget. Dan gue mau memberikan sesuatu buat Sisgahana, lalu gue berfikir dari masalah yang gue hadapi sekarang sebagai BPH Sisgahana, ilmu di sini udah banyak terkikis karna alumni-alumni udah banyak yang sibuk dan jadi susah cari waktu buat ngajarin ilmu-ilmu mereka ke kita yang di sekolah, lalu gue menemukan sesuatu, hal yang bisa gue lakukan buat Sisgahana. Kalo nanti gue udah jadi alumni, gue mau bantu Sisgahana, gue bakalan mengajarkan semua yang gue udah pelajarin. Dari situ, gue mau masuk mapala, biar ilmu gue juga nambah, dan satu lagi.......

Dan yang terakhir, tapi yang paling 'dalem, di Sisgahana, ada nama pecinta alam yang sering disebut-sebut, Wanadri. karna dulu entah gimana, katanya pendidikan di Sisga itu sempet dibantuin sama Wanadri. Dan ada yang bilang, Sisgahana itu kiblatnya ke Wanadri, bukan ke Ka'bah. Jadi dari dulu, gue udah berfikir kalo Wanadri itu super keren ! Tapi gue pikir Wanadri udah bubar, karna gue ga pernah denger apa-apa tentang Wanadri. Tapi lalu gue menemukan seorang cowo, yang sekarang jadi pacar gue, dan dia anak Wanadri ! Dan dia keren sekali. Dan itu membuat gue jadi lebih 'ngefans' sama yang namanya Wanadri !

Paraaahhhhh. Keren abis ! Gue melihat itu sebagai tantangan, kaya yang 'Suatu saat gue harus bisa jadi bagian dari Wanadri'. Dan gue mau. Tapi gue sadar diri bahwa gue sangat amat culun, lemah dan bodoh sekarang. Tapi gue masih mau banget loh ini jadi anak Wanadri :'D gue mau percaya kalo gue bisa dan gue pasti bisa. Gue tau gue sekarang culun lemah dan bodoh, tapi gue janji sama diri gue sendiri bahwa gue bakalan berubah jadi lebih baik, gue bakalan belajar, gue bakalan meningkatkan kemampuan fisik gue, gue bakalan belajar banyak hal, biar 2 tahun lagi gue bisa cukup pantes buat ikut pendidikan dasar wanadri (PDW). Gue mau, mau banget. Dan gue bakalan berusaha. Gue bakalan mempersiapkan diri gue biar 2 tahun lagi gue cukup pantes. Pantes. hal yang menyakitkan buat dibilang. karna gue ngga tau gue 'Pantes' atau engga. tapi gue mau pantes ! Sudahlah, tulisan ini pasti terlalu berbelit-belit karna gue sendiri ngga tau gimananyaaa. Intinya gue cuma bilang gue mau dan gue akan mengusahakan agar gue bisa pantes jadi anak Wanadri. Amin.

Dan lalu coba bayangin... tahun lalu, 2012, di PDGH Sisgahana gue dapet slyer, yang katanya merahnya itu darah luntur. Gimana kalo 2016, di PDW akhirnya gue dapet slyer oren itu, yang mungkin bukan cuma darah lagi. Dan seandainya gue bisa dapet itu, OMG ! Gue bahkan sekarang ga tau mau ngomong apa. Gimana kalo nanti gue beneran dapet. Ga kebayang gimana rasanya. Gue bahkan sekarang udah mau nangis ngebayanginnya. Dan gue bakalan dapet nama angkatan. Dan gue bakal dapet keluarga baru, abang-abang baru. Dan gue bakalan jadi bagian dari mereka. Sudahlah, jangan terlalu banyak menghayal. Belum tentu juga gue akan ngedapetin hal itu. Emang gue pantes? Emang gue bisa? Hahaha :'D

Ya Allaaahhhhhhh, lagi ngefans banget sama Wanadri. parah, di pikiran gue cuma ada 'Gue 2 tahun lagi harus dapetin slyer itu !' tapi gue bahkan ragu apa gue pantes, apa gue bisa, apa gue bakalan beneran dapet, atau ini cuma kepengen yang sementara, besok juga paling gue udah lupa kalo gue pernah pengen banget jadi anak Wanadri. ga tau ya, kita liat nanti. Biarin waktu juga yang nunjukkin seberapa besar keinginan gue buat jadi anak Wanadri. Dan kita liat 2 tahun lagi, apa gue bisa dan cukup pantas atau engga :'D

1 komentar: