25 April 2016

Wan - Today is The Day (02/04)

Senin, 18 April 2016.

Bangun tidur panik. Takut telat. Dari semalem susah tidur. Karena seleksi hari ini di Jatinangor, dan gue udah janjian sama casis2 lain buat charter travel jam 05.30. Mandi super dingin subuh2. Gapapa, latihan buat di Situ Lembang.

Rasanya campur aduk lagi. Mules. Nervous. Degdegan. Ngantuk. Tapi seneng. Hari ini akhirnya gue ketemu sama casis2 lain.

06.30 sampe di Jatinangor. Seleksi kesehatan terdiri atas
1. Pengukuran tinggi dan berat badan
2. Ambil darah
3. Rekam jantung
4. Rontgen torso
5. Pemeriksaan umum.

Pemeriksaan umum sebenernya yang paling zonk, isinya itu ditanya2 soal riwayat kesehatan. Diperiksa tulang belakangnya dipegang sama dia. Diperiksa kakinya takut ada parises. Dan. Ini. Yang. Paling. Zonk. Disuruh nungging terus dokternya masukin tangan ke anus. Ya Allah. Ceming moment. 

Selesai pemereriksaan umum tuh ekspresi semua orang beragam. Kebanyakan speechless gatau harus ngomong apa. Perasaannya kaya abis dilecehkan hahaha mukanya pada merah. Ceming deh. Ada yang nyeletuk gini coba, "Sudah 30 tahun aku mempertahankan. Karena Wanadri, tembus juga." Oke itu jokes 17++. Terus pas udah selesai semua seleksi kesehatan balik untuk nunggu sampai semua orang selesai.

Itu mungkin awal dari kedekatan kami. Karena disini kami harus nunggu seharian dan ga boleh main HP. Pasti kan jadi ngobrol. Kenalan. Dari sini awalnya gue bener tau bahwa Wanadri itu isinya beragam banget, banyak mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jurusan, porter, yang cuma traveller, bapak2 yang udah punya anak juga. Dan asalnya juga beragam banget! Padang, jawa timur, jawa tengah, makassar, bali, banten, banyak deh. Dan disini yang lucu. Kami semua beragam, dari berbagai daerah, dengan berbagai alasan namun satu tujuan, berada di sini karena kami semua berharap bisa jadi bagian dari keluarga besar Wanadri.

Hari pertama gue ga bawa makan karena buru2. Dan ternyata... Romantis. Kita tuh bikin lingkaran besar sama-sama, terus yang punya makanan tuh makanannya diputerin biar semuanya ngerasain dan yang ga bawa makan itu kebagian. Disitu gue mikir, "ini calon keluarga gue." Kita ga saling kenal tapi mereka mau bagi2 makanannya. Padahal pasti semuanya laper karena puasa mau cek darah. Jadi abis itu tetep laper semua sama-sama. Lucu gitu kan ada yang bawa nasi uduk, ayam goreng, tempe orek, dan semuanya ngerasain. Dan yang paling ditunggu2 adalah saat kebagian giliran makan ayam goreng.

Waktu pulang tuh ngegembel bareng laper bareng cari makan di pinggir jalan cari travel malem malem. Sedih dah asli. Tapi sama-sama, ada temennya, bareng ka Michi dan padang ganks gituuu. Sampe di Bandung baru malemnya.

Selasa, 19 April 2016.

Kelompok A dan kelompok B libur seleksi. Gue kuliah lagi. Jalan ke kampus rasanya aneh. Kaya gue udah ga kuliah berbulan-bulan males banget ke kampus kaya ga ada semangat hidup maunya seleksi aja. 

Rabu, 20 April 2016.

Tes psikologi di Biro Pelayanan dan Inovasi Paikologi (BPIP) Unpad, di daerah Dago atas situ deket sama Sobremesa. Senangnya punya kostan di daerah DU jadi berangkatnya bisa jam 06.00. Leha2 dulu dengerin lagu2 yang bikin goodmood biar hasil psikotestnya positif.

Seperti biasa, dateng2 sudah disambut sama akang2 berbaju baja didepan pintu BPIP. Qu nervous. Tapi biasa aja sih. Terus seperti biasa disuruh duduk lesehan di tanah menanti saat2 eksekusi.

Pukul 07.00 masuk ke ruang seleksi dan mempersiapkan berbagai persiapan. Sebenernya yang disiapin cuma pulpen, pensil 2b sama pensil hb sih. Wanadri kebanyakan baris-berbarisnya. Mulai berdiri jam 7, baris2, lurus2in barisan, ngurutin nomer, jalan, akhirnya baru mulai tes jam 8.

Standar sih tesnya,
1. Kemampuan verba
2. Kemampuan numerik
3. Baca koran (ngitung sampe mabok)
4. Gambar pohon
5. Gambar orang
6. Mendefinisikan diri sendiri (20 fact about u)
7. Wawancara psikologi
8. Mendefinisikan diri sendiri (pilih satu jawaban yg lebih mendekati/sesuai dengan gambaran diri)

Wawancara psikologi itu cuma curhat sih isinya. Jadi sebelom mulai psikotest itu yang pertama ditanya ttg riwayat diri, semacam disuruh nulis cv gitu. Dan cv gue isinya kepanitiaan semua jadi kebanyak gue ditanya2 ttg kepanitiaan. Yang sibuk organisasi dari SMA dll. Mungkin karena gue orangnya suka ngomong juga jadi lama banget wawancaranya kebanyakan cerita. Toh gue orangnya terbuka dan biasa aja saat orang lain tau gue luar dalem, apalagi dia psikolog dan punya kode etik juga. Ga ada yang ditutup2in ataupun berusaha buat meyakinkan dia kalo gue beneran harus masuk Wanadri. (Some people did that tho. Membual tentang betapa harusnya dia masuk Wanadri)

Berkali-kali ditegaskan bahwa disini mereka bukan berusaha untuk mengukur kepintaran atau berusaha mengetahui diri kia luar dalam, tapi hanya melihat apakah kita cocok atau ngga berada di dalam Wanadri dan jadi bagian dari Wanadri. Itu malah yang bikin deg2an soalnya mungkin aja gue pinter atau bego tapi emang Wanadri ga cocok sama gue dan gue akan menjadi tidak berguna di Wanadri #baper

Selesai psikotest, kami mendengarkan kak windi, angkatan 2012. Sedikit banyak gue termotivasi. Sebenernya motivasinya bukan karena kata2 Ka Windinya, tapi karena dia aja yang mukanya seunyu itu ternyata Wanadri. Masa iya gua ga bisa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar