22 April 2016

Wan - Pra-seleksi (01/04)

Masuk wanadri adalah plan terbesar gue di 2016. Gue sudah menanti saat saat seperti ini sejak 2 tahun yang lalu. Sejak masuk Sisga dan mendengar bahwa "kita itu kiblatnya ke Wanadri." Dan lalu sejak saat itu gue kalo shalat bukan ngadep Ka'bah tapi ngadep ke jalan aceh 155, bandung. Ga deng bercanda.

Dan lalu, 2014, gue berdiri di Kawah Upas. Menyaksikan upacara sakral itu. Dentum dentum meriam. Oren oren di udar. Gaungan suara wanadri di udara. Haru. Iri. Gue ga tau gimana menggambarkan perasaan gue pada saat itu. Mereka yang berlari dari atas bukit sana, yang akan jadi Wanadri muda, mendapatkan apa yang gue selalu inginkan. Sementara gue disana berdiri sebagai tamu.

Gue udah nangis dari sejak semua orang masih ceming hahaha ler gue kan cengeng baperan amat. Mereka yang lulus PDW gue yang terharus. Jir. Sakral pisan lah upacaranya tuh.

2016, akhirnya setelah menunggu selama 2 tahun, gue berkesempatan untuk daftar Wanadri. Februari pertengahan, 1 minggu setelah pembukaan pendaftaran dan gue nomor pendaftar 165. Mantau websitenya setiap hari ngeliat quota pendaftar ada berapa lagi. Ngeliat ada berapa cewe yang ikut seleksi. Ngestalkin pendaftar2. Sampe akhirnya quota pendaftar 250 orang terpenuhi. Antara tenang dan deg2an. Lucu. Mungkin nama2 disitu yang akan sama2 sama gue terus 2 tahun kedepan, atau mungkin jadi keluarga seumur hidup. Anjas.

Campur aduk pra-seleksi PDW itu. Pertama kali latihan di WPJ (Wanadri Perwakilan Jakarta), di GOR Sumantri Kuningan. Gue kesitu abis pulang ngelatih dari Sisga. Ada beberapa orang yang latihan, lupa berapa tepatnya. Yang pasti ceweknya ada 3, aku, Ka Enno dan Ka Uti. Baru pertama latihan udah disuruh lari 5 apa 6 puteran gitu lupa. IM GONNA DIE. Sampe overlapse sekali, orang2 udah kelar, gue masih kurang seputeran. Gue langsung mikir, "jir apaan nih sadis amat pertama latihan aja udah gini gimana nanti2." Disitu gue mulai jiper, sangat jiper. Itu pertama dan terakhir kalinya gue latihan di WPJ karena besoknya gue udah mulai kuliah dan stay di Bandung.

Lalu latihan di Bandung, bersama Maswang dan teman2 casis Bandung lainnya. Dan ini sama sadisnya malah lebih parah. Tapi Maswang baik gue lopelope banget. Jadi kan disuruh lari 30 apa 50 menit gitu gue lupa. PAS DENGER GUE SHOCK DAN HAMPIR DIE DI TEMPAT. Dan seperti biasa, yang lain lari gue ketinggalan sendiri. Sendiri. Tapi untung ada Maswang yang berlari di samping gue dan selalu mengingatkan gue untuk mengatur napas. Dia bilang gapapa capek, waktu awal2 juga casis Bandung semuanya kaya gue capek dan lambat. Padahal gue tau dia boong tapi gapapa gue jadi semangat.

Dan abis lari tiba2 disuruh push up, back up, sit up, pull up dan half scott jump puluhan kali. Sebenernya gue memaki Maswang dalam hati. Tapi apa daya, namanya pelatih ya masa mau dilawan. KAKI GUE LANGSUNG COPOT. Scott jump 60 kali gills. Gua 10 kali aja udah mau muntah. Dan benar saja, besoknya 4 hari gue ke kampus telat terus karena ga bisa naik tangga.

Kemudian gue mengalami sejenis casis syndrome. Gue jiper to the max terus gue jadi ga mau latihan soalnya mikir gue ga bakalan punya harapan buat keterima Wanadri. Mikir gue lanjut apa udahan aja ya berjuang. Tiap pagi, tiap bangun, kepikiran Wanadri. Sumpah itu mikirin Wanadri lebih berat daripada mikirin pacar. Ga enak makan. Ga enak tidur. Mau latihan tapi hopeless soalnya gue ngerasa lemah.

Ngeliat betapa kuatnya casis2 lain, ngeliat mereka suka update hasil latihan mereka di grup casis, gue makin jiper. Apa daya. Ada cewek yang larinya setengah jam 6 kilo. Apa kabar gue yang lari 400 meter aja 3 menit. Gue jadi ngerasa maybe im not belong there. It's not my place, I can't fit in, it's too hard for me, Im too weak. Dan akhirnya gue sebulan full ga latihan karena galau, "ngapain gue ikut Wanadri."

Lama kelamaan gue mikir gue harus mencari jawaban dari setiap pertanyaan gue, dan akhirnya gue ketemu dengan Ka Alvi, Wanadri 2014. Kita ngobrol banyak dan gue menceritakan kegalauan gue. Kita sharing banyak hal. Dan itu sangat membantu. Gue mulai mendapat pencerahan bahwa ya gue ga harus nyerah sekarang, ga harus nyerah sebelum berperang. Di malam itu juga gue memutuskan untuk ke Cikuray sendirian untuk bertapa. Memikirkan banyak hal dan mencari alasan sebenarnya, apa yang gue cari dari Wanadri.

Weekend itu gue beneran naik gunung, walaupun akhirnya ga sendirian dan ditemenin sama kang ade, guide sama gitu. Gue beneran banyak berpikir dan merenung. Nyari jawaban atas semua hal. Dan ironisnya, gue ga berhasil menemukan apa tujuan gue sebenernya masuk Wanadri. Yang gue sadari adalah bahwa semua alasan gue sebelum2nya itu klise. Gue bukan mau Wanadri untuk bisa ngajarin adek2 gue di Sisga, bukan buat sombong, bukan juga buat membuktikan diri. Tujuan gue adalah Wanadri. That's all.

Gue mulai semangat lagi latihan, walaupun rasanya sudah mulai terlambat. Ini udah kurang dari sebulan menjelang seleksi. Pertama kali mulai lagi latihan gue ditemenin sama Ka Alvi buat ngetes kemampuan gue, dan ternyata dalam 15 menit gue hanya dapet 1.9 K padahal harusnya 2.4 K. Tapi gue ga patah semangat kali ini. Gue yakin bahwa gue ga boleh nyerah sebelum berperang, gimanapun hasilnya nanti, lulus atau ga lulus gue dari seleksi, paling ngga gue harus melakukan yang terbaik yang gue bisa.

Sejak saat itu gue sering banget lari malem karena biasanya karena sibuk urusan kampus, gue baru pulang maghrib. Lari jam 7 atau jam 8 malem ujan2an karena di Bandung setiap hari pasti ujan. SENDIRIAN BANGET. Mana ada yang mau lari malem2 ujan2an di Sabuga. Geblek. Memang kekuatan mental dan keteguhan hati mengalahkan segalanya. Gue sampe terharu sendiri. Abang2 Sabuga mungkin juga sampe sedih ngeliat gue hampir setiap malem disana. Kaya gue sedang memperjuangkan sesuatu yang sangat besar, dan memang gue sedang berjuang.

Rasanya campur aduk. Udah lama gue ga berjuang sekeras ini. Ga lari sekuat ini. Gue bener2 ngerasa kaya casis Sisga lagi yang memang harus memaksakan diri sendiri. Inget Persada Halimun yang dulu selalu maksa angkatan gue untuk bisa lari super lama, dan suka ditipu udah lari setengah jam tapi mereka bilang baru 15 menit. Walopun capek, mereka yang membuat gue terbiasa untuk berlari tanpa membatasi diri sendiri. Karena ternyata yang membuat batasan adalah diri kita sendiri. Selalu inget sama Chandra Purnama yang dulu selalu lari sama2 sama gue, capek bareng, engap bareng, dimarahin PH bareng, ke sekolah kakinya mau copot, malem2 udah pada pake koyo. Dan sekarang gue lari sendirian ga sama mereka, tapi gue tahu bahwa seandainya mereka bisa, mereka pasti bakalan ada disini sama gue nemenin gue lari.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar