8 Agustus 2011

Dewa Dewi Yunani Kuno (Part 02)



Dewa Apollo

Adalah Dewa Cahaya, Musik, Pemanah, Pengobatan, Matahari dan Penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Ia mempunyai busur yang terbuat dari emas. Pohon Laurel, burung gagak dan lumba-lumba dikeramatkan untuknya.

Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto, dan saudara kembar Artemis. Kekasih Dewa Apollo adalah Hyakinthos, seorang pangeran muda yang sangat tampan dari kerajaan Sparta, putra Raja Amyclas, yang mana bangsa Sparta adalah bangsa yang senang berperang dan kehidupan bangsa Sparta diwarnai dengan nuansa militer yang kental dan juga sejak kecil para remaja Sparta didik untul menjadi homoseksual.

*Ga nyangka dewa ada yang homoseksual -,-


Dewi Aphrodite

Aphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Aphrodite menikah dengan Hermes dan memiliki seorang putra, Eros yang menjadi Dewa Asmara. Aphrodite juga diceritakan berselingkuh dengan Ares, Dewa Perang.

Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Aphrodite. Legenda pertama menyebutkan Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione. Ia dilahirkan dari buih di laut yang berasal dari sperma Zeus. Legenda kedua menyebutkan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus sang Titan yang dikebiri oleh Cronus.


Dewa Chaos

Chaos atau Khaos berarti kekosongan dalam bahasa Yunani, bisa juga merujuk kepada kekacauan dan ketidakteraturan, yang pada jamannya dulu mungkin dianggap sebagai ketidakteraturan dunia.

Dalam Mitologi Yunani sendiri, Chaos adalah salah satu Dewa yang besar dan hebat, ia tidak memiliki orangtua ataupun keluarga lainnya, ia adalah dewa pertama dalam Mitologi Yunani. namun ia tidak sendirian pada akhirnya ia menciptakan pasangannya dan menikah dengan Nyx dewi malam. Ia memiliki anak bernama Erebus yang kelak akan mengusirnya.


*Dewa Chaos & Dewi Nyx

Dewi Nyx

Nyx atau Nox adalah dewi malam dalam Mitologi Yunani. Dewi yang berdiri bersamaan atau diciptakan dari kehampaan Chaos. Keberadaannya lebih sering dianggap sebagai sosok kekuatan dan keindahan yang luar biasa, ia adalah ibu purba, ibu yang pertama dalam Mitologi Yunani.


Dewa Erebus

Erebus adalah dewa kegelapan, namanya bisa berarti kegelapan yang dalam atau bayangan, ia adalah anak dari Chaos dan Nyx. Erebus mengusir ayahnya dan mengawini ibunya sendiri, dari hasil perkawinan dengan ibunya mereka menciptakan Ether dan Emera yang kemudia akan mengusirnya. Erebus adalah cerminan yang nantinya akan terus berimbas kepada keturunan-keturunannya.





Dewi Gaia

Gaia adalah Dewi Bumi, namanya juga bisa berarti tanah dan ia sering disebut sebut sebagai Ibu alam, dalam beberapa cerita lain, Gaia memiliki banyak anak dan lebih banyak daripada Nyx. ia menikah dengan banyak dewa-dewa dan ada akhirnya menciptakan banyak kenidupan di bumi. Gaia adalah ibu alam yang patut dihormati oleh mahluk hidup sekarang ini, karena ia menciptakan begitu banyak kehidupan.


Hestia

dalam mitology Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian. Hestia adalah salah satu dari tiga dewi besar pada generasi pertama Olimpia. Dia digambarkan baik sebagai yang tertua maupun yang termuda dari ketiga putri Rhea dan Kronos, saudari dari ketiga saudara Zeus, Poseidon, dan Hades. Setiap tungku perapian keluarga adalah tempat pemujaannya.

Hestia adalah dewi yang paling sedikit dieksploitasi, Hestia tidak dapat berperan bahkan dalam prosesi para dewa dewi, terkadang ini digambarkan sebagai sikap pasif, dan kepribadian yang non konfrontasional. Kepribadian ini digambarkan pada sikapnya yang merelakan kedudukannya pada 12 Dewa Olimpus untuk menghindari konflik.



Dewa Tartarus

Tartarus berarti Neraka/dunia bawah, namanya juga bisa diartikan sebagai tempat yang terdalam atau lubang atau kegelapan abadi. pada akhirnya ia lebih mirip sebuah tempat daripada sosok, karena ia lebih sering diartikan sebagai tempat dimana orang-orang mati berada. pada cerita selanjutnya, ia juga berpasangan dengan Gaia dan melahirkan ibu dan bapak dari segala monster : pasangan Echidna dan Typhon



Dewi Amor

Amor adalah dewi Cinta/Asmara, ia dikatakan membawakan benih-benih kehidupan. Amor saat ini lebih sering dikaitkan dengan sesuatu yang berbau romantisme, banyak juga yang menyamakannya dengan Cupid. ia adalah salah satu dari anak-anak Ether dan Emera.







Dewa Uranus

Uranus atau Ouranus adalah dewa langit yang perkasa, namanya berarti "langit". Dari beberapa cerita ia adalah anak dari Gaia, anak dari Nyx dan sebagian besar mengatakan kalau ia adalah anak dari Emera, seperti dalam cerita disini. namun ia jelas berpasangan dengan Gaia dan melahirkan dewa-dewi Yunani yang agung, perkasa, tampan dan juga memiliki kekurangannya masing-masing.




Dewa Sol Helios

Sol helios adalah dewa matahari, Tiap hari dia melintasi angkasa dengan mengendarai keretanya yang ditarik kuda-kuda berapi dari timur ke barat memberikan cahaya dan kehangatan bagi bumi. Kala senja tiba dia akan turun ke bumi menuju Sungai Ocean di ujung barat di mana menunggu perahu emas yang akan membawanya kembali ke istana emasnya di timur.

Ia adalah putra titan Hyperion dengan titanid Theia, saudara Luna (dewi bulan yang pucat) dan Aurora (dewi fajar keemasan). Sol memiliki seorang putra dari Peri Clymene, yang bernama Phaeton.



Dewa Hades

Hades adalah dewa kematian atau dewa neraka dalam Mitologi Yunani. Hades juga dikenal dengan nama Pluto (Plouton) dalam Mitologi Romawi. Karakter Hades sering digambarkan bersama anjing berkepala tiga bernama Cerberus di dunia bawah tanah (neraka).

Di dalam kekristenan kata Hades dipakai untuk menterjemahkan kata Sheol, dalam bahasa Ibrani, yang artinya alam kubur manusia atau “dunia di bawah”. Bahasa Indonesia menerjemahkan kata Hades yang berarti alam kubur tersebut dengan kata neraka, diambil dari bahasa Sanskerta, dengan arti yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar