15 Juli 2015

Flashback

Belum cerita ya? Ahamdullillah tanggal 9 Juli 2015 kemarin ada kabar yang lebih menggembirakan daripada kulit manggis yang kini ada ekstraknya

Alhamdulillah. Nangis terus karena emang dasarnya baper. Ga bisa ngasih komentar, karena sampai saat ini masih percaya ga percaya akhirnya keterima di fakultas hukum Universitas Padjajaran. Ga bisa berhenti bersyukur. Sampe hari ini masih suka berkaca-kaca sendiri kalo ditanya orang terus jawab keterimanya di FH Unpad. Ya Allah.

Inget waktu pengumuman SNMPTN ga keterima. Sedih banget, ngerasa bodoh banget karena ditolak sama Undip. Gue pilih FH Undip waktu itu. Bahkan gue ngga buka webnya, tapi gue tau kalo gue ga bakalan keterima jadi gue nangis nangis aja dari sore sampe malem itu. Waktu itu Tias yang nemenin nangis nangis. Sedih banget ya Allah. Waktu pengumuman dua temen gue keterima, yang satu di antropologi Universitas Udayana, yang satu di tekhnologi pangan IPB. Bahagia banget sih waktu denger mereka keterima, parah gue sampe nelfon mereka nangis nangis karena bangga.

Gue IPA, emang IPA tiga tahun. Ipa cabutan. Anak IPA paling sering cabut dan tidur di kelas. Kira-kira angkatan gue IPAnya ada 200 orang nih, gue peringkat 130an. Bodoh, sering di judge sama guru yang aneh-aneh. Kalo males sekolah ya males gimanasih. Pernah lagi UTS gue males banget belajar. Mikir aja males. Jadi semua pelajaran, soal dibagiin, gue jawab seadanya, sisianya ngasal. 20-30 menit udah keluar kelas. Sampe ada guru yang bilang, "Kamu kenapa ujian cuma 15 menit? Nyontek kek, ngapain kek, tidur kek." Tai emang kan sistem pendidikannya haha murid daripada ngasal malah disarankan nyontek. Gitudeh, pokoknya waktu sekolah gue ga pernah rajin, baru pas 2 bulan mau UN aja.

Tapi saat gue menginginkan sesuatu, dan sesuatu itu adalah hal yang sangat berharga dan penting buat gue, beda ceritanya. Gue tau gue mau masuk hukum sejak awal naik kelas 3. Ga tau gimana awalnya, ga ada yang ngomporin juga, terus di keluarga juga ga ada yang orang hukum. Sempet nyesel gue masuk IPA pada saat saat kaya gitu. 

Setelah selesai UN gue jalan-jalan sama temen gue seminggu ke Jogja. Refreshing lah yaa. Terus pulang dari sana gue langsung les, Dari hari Senin-Sabtu, jam 10.00 - 12.30, di BTA 8 Mayestik. Mau orang libur apa juga gue tetep les, waisak, harpitnas, gue tetep les. Dan gue ga pernah sekalipun cabut les. Kadang tergoda sih kalo ada yang ngajakin main, iri sama mereka yang disaat gue belajar mati-matian mereka bisa seneng-seneng.Jadi jadwal gue selama pra-SBMPTN tuh kan les tuh dari jam 10.00-12.30, terus abis itu pulang, istirahat, kaya tidur siang/nonton tv (seringan tidur), terus dari jam 8an mulai belajar lagi sampe jam 12an, tapi beberapa minggu sebelom SBMPTN seringnya sampe jam 2. Tidur, paginya bangun terus les lagi. Capek? Iya. Tapi setiap ngerasa capek gue mikir, mending capek sekarang daripada nyesel karena usaha gue ga maksimal.

Di tembok kamar kostan gue banyak banget ditempel-tempelin kertas tulisannya FH Unpad. Hanya sekedar pengingat untuk diri gue sendiri. Karena kadang kita lupa apa yang kita kejar. Bangun ngeliat tulisan gituan, ngaca ngeliat tulisan gituan, bahkan samping TV aja ada gituan, jadi kalo lagi nonton TV bawaannya suka ga tenang pengen belajar. Pengingat, mungkin itu adalah hal benar yang gue lakukan, karena dengan begitu emang rasanya ga tenang kalo ngga belajar, kaya karena mimpi gue ada persis didepan mata gue, kali gue ga ngapa-ngapain buat ngedapetinnya.

Inget sering banget duduk di depan kaca bicara sama diri gue sendiri. Menyemangati diri sendiri. Nangis-nangis bilang ke bayangan gue di kaca, "Lo tuh harus masuk FH Unpad. Harus fakulat hukum. Harus Unpad. Kalo lo ga keterima ya lo bego. Bisa sih kuliah di Undip, Unbraw atau yang lain, tapi tetep aja itu bukan Unpad. Pokoknya harus Unpad. Bodo amat lo ga bisa main, ga nonton tv, capek, stress, yang penting masuk Unpad." Kadang gue suka ngerasa jahat sama diri gue sendiri.

Inget keluarga, pacar dan temen gue sering banget bilang kalo mereka percaya gue bisa masuk Unpad. Apalagi keluarga gue, yang selalu membuat kesan "Elah kamu sih masuk Unpad doang pasti keterima." Dan lalu gue yang sering kesel sendiri, kan gue yang ngejalanin, gue yang harus begadang-begadang buat belajar, gue yang ngga bisa main, ya situ enak tinggal ngomong. Tapi mungkin kalo mereka semua ngga kaya gitu gue bakalan ga percaya sama diri gue sendiri. Mereka peduli sama gue makanya suka seenaknya kalo nyemangatin.

Inget pernah belajar bareng sama Sarita dan Dinda, dan disitu gue yang paling bego. Gue beneran ga ngerti apapun ya Allah, Mereka pinter pinter banget gue sampe bingung sendiri jadinya.Gue mikirnya kalo gue aja lebih bego daripada mereka, gimana bisa gue saingan sama ribuan pendaftar SBMPTN lain. Tapi mereka berdua lagi-lagi adalah teman yang sangat supportif, mereka dengan penuh pemakluman karena gue pindahan dari IPA mengajari gue. Della juga sangat supportif, tapi dia IPA jadi ga bakalan ngerti juga kalo ikut belajar bareng,

Inget gue tuh punya kaya karton pencapaian di kamar, passing grade FH Unpad itu 51%, dan try out gue mandek di 30-40 terus. Setiap gue TO, entah TO sendiri atau TO BTA, hasilnya gue tulis di post it terus gue tempel biar gue inget terus kalo gue tuh belom pantes masuk FH Unpad karena gue masih bego. Terus BTA juga kan setiap minggu try out, sedih gue hasilnya naiknya dikit-dikit banget, Gue konstan paling naiknya 1-3%, Inget banget minggu terakhir TO di BTA orang-orang hasilnya udah sampe 50-60, sementara nilai gue masih 40an,

Kadang antara terharu sama lucu kalo inget betapa seriusnya perjuangan gue. Alhamdulillah Tuhan membayar seluruh kerja keras dan begadang-begadang gue dengan mengabulkan harapan gue. Alhamdulillah walopun sebelum SBMPTN gue ga bisa main kaya orang-orang, sekarang gue udah tenang kerjaannya tinggal makan tidur makan tidur sampe bosen. Masih ga percaya gue bulan depan udah masuk kuliah, dan gue masuk FH Unpad, gue bakalan jadi anak Bandung 4 tahun kedepan. Masih ga percaya. Dan sekarang males nangis. Entar lagi ceritanya yhaaa

Tunggu saja

2 komentar:

  1. Alhamdulillah... selamat yah Aisyah..
    Pencapaian banget. Kerja keras gak pernah berkhianat (kalo disertai doa n ikhlas).
    Selamat ngunyah materi kuliah nya nanti. Hahaha...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, ikut senang ya Aisyah.
    Selamat kuliah and tetap semangat!

    BalasHapus