10 Mei 2015

Vāḻkkai

Selama ini secara ga langsung gue sering menyalahkan Tuhan atas hal yang ga berjalan sesuai rencana. Orang lain selalu bilang rencana Tuhan yang paling baik. Gue bukan ga percaya sama kebaikan dan keadilan Tuhan, hanya saja pada saat tertentu, mungkin Dia memberikan kebaikan dengan cara yang gue ga suka sehingga mudah untuk merasa ga disayang oleh-Nya.

Tapi semalam Tias menyadarkan sesuatu. Gimana kalo ini semua hal buruk bukan takdir Tuhan? Gimana kalo ternyata kita ga dapetin apa yang kita mau karena kita berusaha kurang keras. Karena kita sendiri memutuskan untuk ngejalaninnya setengah-setengah.

Dan orang tua gua adalah orang tua terbaik yang bisa gue minta. Mereka yang selalu dukung gue. Ada buat gue kapanpun. Membiayai sekolah gue dan menyediakan akomodasi yang dibutuhkan. Mereka akan dan memang selalu ada buat ngedukung gue dan pilihan gue, yang ngebuat mereka jadi orang tua super keren dan super hebat.

Dan gue punya orang orang hebat yang sayang dan peduli sama gue. Yang ga pernah ninggalin gue saat gue susah. Yang selalu, selalu, selalu ada buat menghibur. Yang lahir dari orang tua yang berbeda, tapi rasanya kaya sodara. Dan yang gue percaya adalah mereka ga akan ngebiarin gue jatoh sendiri.

Dan mungkin hal itu yang membuat gue jadi manja dan lemah. Karena semuanya sekarang bikin nyaman, gue lupa kalo harusnya gue memperjuangkan masa depan gue yang ga bakalan dateng sendiri. Waktu SMA kerjaan gue main, jalan-jalan, naik gunung, berbahagia. Gue  lupa kalo pada akhirnya yang akan menentukan masa depan gue adalah nilai-nilai akademik dan keseriusan gue. Cukup lah cukup, sekarang udah beda prioritasnya.

Hidup ini seru kok, percayalah. Bukan kali ini aja pernah nangisin universitas, dulu juga  waktu ga keterima SMA nangisin SMAnya. Tapi yang ini rasanya lebih ngejleb, dalem. Pengingat. Gue terlalu terlena akan semuanya. Namanya juga hidup, sakit hati itu salahsatu hal yang bikin gue ngerasa beneran hidup.

Hidup itu gua yan jalanin, gua yang susah, gua yang ngerasain enaknya juga. Mau kemana juga bebas. Mau terbang setinggi apa juga bebas. Kita sendiri yang nentuin standarnya. Dan kita sendiri yang bakalan nyesel karena kurang keras berusaha dapetinnya. Gue punya semuanya kok, tinggal seberapa serius gue memperjuangkannya sekarang. Masih ada waktu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar