31 Mei 2015

Putus

Kenapa orang pacaran gampang putus? Banyak alasan, tapi sepertinya alasan utama adalah karena ketidakdewasaan dalam menghadapi suatu masalah dalam hubungan itu. Berantem berantem, asal ngomong "kita putus." Dikit dikit ngambek minta putus, nah biasanya cewe yang suka gitu. Tetep aja masalah utamanya ya ketidakdewasaan. Bukan sesering apa berantem, tapi bisa ngga nyelesein masalah samasama.

Gimana ya awalnya. Karena pacaran itu bagian dari hidup, ya sama kaya hidup, pacaran itu ga selalu enak. Ga selalu membahagiakan. Ada kalanya pacar lu ngga bisa ngertiin yang lu mau. Ada kalanya lu sama pacar lu berantem karena hal sepele. Ada kalanya lu sama pacar lu beda pendapat akan sesuatu. Ada kalanya pacar lu bilang atau ngelakuin sesuatu yang bikin lu sakit hati. Ada kalanya pacar lu ninggalin lu buat hal yang menurut lu sepele. Yap. Pikiran pikiran jelek gitu yang bisa bikin lu putus.

Ada lagi cewe yang suka 'minta putus', atau yang 'ngga mau diputusin'. Halah apaan sih itu. Putus kok ya susah. Minta putus itu bodoh, kenapa ngga ngambil keputusan sendiri? Kenapa harus minta pasangannya buat ngambil keputusan yang ngga enak. Kalo lu mau putus, ya putusin sendiri, lah lu yang mau. Ini lagi segala ga mau putus. Kalo pacar lu ngajak putus ya artinya dia udah ga mau sama lu, kenapa lu masih mau aja pacaran sama orang yang udah ga sayang?

Mencintai seseorang ga perlu heboh kok. Ga perlu posesif. Kalo dia udah mutusin lu dan lu masih sayang sama dia, ya gimana. Lu ga bisa maksa orang lain buat sayang sama lu. Yang namanya pacaran, hubungan, itu keputusan berdua, harus duaduanya samasama mau. Kalo yang satu udah lelah dan ga mau berjuang, jangan maksa. Ga ada yang maksa lu juga buat berhenti sayang sama dia, hanya saja lu ga bisa maksa dia buat sayang sama lu. Belajar buat sayang sama diru lu lagi dan lanjutin hidup. Sungguh, pepatah banyak ikan di laut itu benar adanya.

Kadang menurut gue orang yang udsh pantes pacaran adalah orang yang udah bisa mencintai dirinya sendiri dulu dan tau prioritasnya. Karena orang yang ga bisa sayang sama dirinya sendiri kalo pacaran, ga bakalan sehat pacarannya. Mungkin akan jadi ketergantungan atau terjebak dalam hubungan yang tidak membahagiakan. Karena yang belum busa bahagia sendiri ga akan bisa membahagiakan orang lain.

Mungkin begini, putus aja kalo lu udah ngerasa ngga bisa ngejalanin hubungan sama dia lagi. Kadang ada saatnya lu harus mutusin seseorang bukan karena lu udah ga sayang sama dia, tapi karena hubungan yang lu jalanin udah ga baik buat lu dan/atau dia. Gue pernah memutuskan untuk menyudahi hubungan dengan orang yang waktu itu masih gue sayang, karena hubungan yang gue jalanin ternyata udah ga bisa lanjut, dan pernah juga menyudahi hubungan dengan seseorang karena gue ngga bisa sayang sama dia. Jadi, yang gue omongin bukan basa basi, tapi gue juga pernah ngelaluin dan tau. Gampang? Engga.

Putus itu bagian dari kehidupan yang ngga bisa dihindarin, soalnya kalo pacaran ya pasti akhirnya kalo ngga putus ya nikah. Bukan keputusan yang gampang atau susah, balik lagi ke gimana kita nyikapinnya. Jangan putus kalo masih sayang, jangan pacaran kalo udah ngga sayang. Dan yang paling prntinh, jangan ngajak balikan kalo udah putus.

Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar