15 Mei 2015

Lulus yay

15 Mei 2015, 10.23, secara resmi gue sudah lulus dari SMAN 70 Jakarta. Alhamdulillah.

Seneng, sedihnya dikit. Banyak banget bersyukurnya. Sekolah disana adalah sesusah-susahnya cobaan di hidup gue. Tapi ternyata tempat itu adalah tempat dimana gue belajar yang lebih daripada pelajaran sekolah dan mendapatkan yang lebih daripada temen.

Mari flashback sedikit,
Kelas 1 yang paling tahik. Setahik-tahiknya hidup gue adalah waktu pertama masuk 70. Benci sebenci-bencinya sekolah disana. Nyesel senyesel-nyeselnya ga masuk Labsky aja. Udah mana guanya pindahan dari antah-berantah, udah mana ga punya temen, udah mana kaka kelasnya galak-galak, udah mana lingkungannya penuh tekanan, udah mana ga enak, tahik deh. Sebut saja culture shock, ya gimana sih gua dari kecil anak swasta, sekalinya masuk negeri, eh dapetnya 70. Lu tau lah 70 gimana.

Beneran yang namanya nangis setiap hari setiap pulang sekolah, pengen pindah aja. Pengen nyerah aja. Rasanya ga kuat harus masuk ke lingkungan kaya gitu. Kalo ga karena nyokap gue dan Sisgahana, mungkin saat ini gue ga bakalan lulus dari 70. Wali kelas kelas 1 gua juga, Bu Yuni yang suka galak sama ngasih pr banyak, tapi super baik. Ya gitudeh. LU GA TAU GIMANA RASANYA.

Dan gue diselamatkan oleh Sisgahana, yang makanya gue anggep lebih penting daripada sekedar eskul pecinta alam atau eskul jalan-jalan doang. Di Sisga gue ngerasa punya temen, merasa diakui, ngerasa dihargai walopun sering dibilang goblok sama seniornya. Gue ngerasa gue ga bisa jadi kaya sekarang kalo bukan karena Sisga. Disana gue diajarin pelajaran-pelajaran yang magal karena susah dicari, tentang cara ngadepin masalah, ga nyerah sama keadaan, cara bersikap sesuai tempat, gimana menghargai orang lain, cara berbirokrasi, cara berorganisasi, cara jadi pemimpin buat diri sendiri dan orang lain, dan bahwa kita harus bisa menembus batas diri kita. Terdengar klise, tapi nyata.

Di Sisga gue PDGH, pendidikan dasar gunung hutan. Jujur itu juga adalah salahsatu hal terberat yang gue jalanin. Ga gampang emang, PDGH itu..... Undescribeable. Saking tingginya adrenalinnya, gua 4 hari lupa berak, pipis seperlunya aja sehari sekali, ga ngerasain laper, lupa rumah, lupa bapak-ibu, hampir lupa Tuhan. Mending ketemu setan daripada ketemu senior. Tapi setelah 4 hari itu, gue menemukan keluarga baru, bukan temen, keluarga, rasa kekeluargaannya ituloh, perasaan terikat sama Sisgahana. Berkat Sisga juga gue bertemu wanita-wanita sehebat Dinda, Sarita dan Della. Salahsatu hal paling gue syukuri dalam hidup gue ya itu, jadi anak Sisga.

Kelas 2...
Main terus. Cabut sekolah terus. Tidur di kelas terus. Ngurusin Sisga terus. Ga pernah belajar.

Kelas 2 tuh hidup gue beneran sisga doang. Hampir setiap hari pulang jam 9-10 malem, weekend ada acara Sisga terus. Selain itu paling tidur dikelas atau tidur-tiduran di markas Sisga. Markas Sisga itu deket masjid, agak deket kantin dan jauh dari kelas, tempat strategis untuk cabut, terus ada karpet, bantak dan tv. Dulu gua nyimpen buku sekolah, sepatu, baju bebas, dan kadang seragam sekolah. Beneran kaya rumah kedua. Klimaksnya ngurusin Sisga tuh waktu angkatan gue bikin Sisgahana Fun Charity and Rafting, kebayang ga anak SMA bikin charity sama rafting, duit nyari sendiri, acara ngurus sendiri, capek tapi bangga.

Kelas 3...
Kaget. Tiba-tiba UN udah didepan mata aja, ga tau kapan datengnya. Mulai deh tuh belajar dikit-dikit, stress juga sempet karena bingung ga ngerti samasekali pelajaran kelas 2. Ya gitudeh, kelas 3 belajar doang sama main, kaya anak normal, urusan Sisgahananya udah dikurang-kurangin.

Mulai menatap masa depan, mikirin mau kuliah dimana dan jurusan apa. Mulai memantapkan diri buat jadi anak FH. Itu juga karena Sisga. Di Sisga gua belajar keorganisasian dan birokrasi, dan gue menemukan bahwa gue suka ngejalanin hal itu. Sebenernya gua suka debat, jadi pengen jadi pengacara, terus kan gua orangnya kalo udah punya pendapat bakalan dipertahanin sampe titik darah penghabisan, jadi cocok. Yakin banget pengen jadi anak hukum.

UN selesai.

Sudah mulai merasakan hawa-hawa jadi mahasiswa. Tapi stress juga lagi ternyata ya, lebih stress daripada mikirin UN. Soalnya gue mikirnya kuliah itu pintu masa depan, gue kuliah dimana jurusan apa sedikit banyak menentukan gue kerja dimana dan jadi orang kaya gimana. Terus kan gue murtad, dari IPA pindah Ke IPS, jadi belajarnya harus ekstra. Gimana caranya gue harus menguasai materi IPS 3 tahun hanya dalam beberapa minggu.

Udah beres UN malah les setiap Senin sampe Sabtu, ga ada liburnya. Tapi gue entah kenapa semangat banget. Mungkin karena gue tau tujuan gue kemana dan menebus kesalahan juga ya karena waktu sekolah gue males banget belajar. Masa ini yang lagi gue jalanin.

Ya gituuuuuuu,
Sekolah di SMAN 70 itu nano nano. Semua yang berawal buruk belum tentu berakhir buruk. Dateng sebagai pindahan dari antah-berantah, yang notabennya anak kampung, ga tau apa-apa, ga punya temen, dan lulus sebagai young adults yang kritis, mantan wakil ketua Sisgahana periode 2014-2015, punya keluarga baru dan sudah menemukan tujuan hidup gue. Alhamdulillah. Masa SMA gue yang kerjaannya, hampir semuanya, ngurusin Sisgahana ini seru.

Terima kasih Tuhan, hidupku asik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar