20 April 2017

Karena kamu

Bibo, tadinya aku mau nulis dengan baik dan benar. Dengan bahasa yang baik. Dengan menulis dari latar belakang-pendahuluan-sampai alasan kenapa aku yakin mau nikah sama kamu. Tapi susah. Karena aku sadar, bahwa aku nulis ini bukan buat dibaca mereka, tapi buat kamu.

Kamu tau, bahwa dari dulu aku ga pernah mau nikah muda. Karena takut susah. Takut ga bisa explore diri dan berkembang. Tapi kamu janji bahwa aku tetep boleh jadi diri aku kaya yang aku mau. Bahkan aku udah dapet izin buat S2, 2 tahun, mungkin ke luar negeri, kalo aku bisa cari schoolarship. Selain kamu, calon suami mana yang ngizinin?

Kamu tau bahwa aku pengen bisa jalan-jalan kemanapun aku mau, keliling indonesia. Atau beli tas mahal yang ratusan juta. Aku sekarang belum bisa cari uang sendiri, belum mampu. Dan kamu tau aku akan kerja keras buat mewujudkan itu semua. Kamu bilang, kamu akan ngizinin aku kerja. Aku bahagia masih bisa punya harapan buat mewujudkan mimpi aku waktu kecil.

Kamu tau bahwa aku mau pendidikanku setinggi-tingginya, sebaik-baiknya. Dan aku ga mau semua itu seakan sia-sia karena akhirnya aku hanya harus ada dirumah ngurusin keluarga. Aku bahkan ga bisa masak. Sering disindir sama orang lain, disuruh belajar. Tapi kamu tau aku ga bisa. Dan kamu tetep terima.

Dan kamu, dengan segala sifat toleransi dan pengertiannya, meng-overcome segala kekhawatiran aku. Bahkan lebih dari itu, you changed my mind. Even if you dont mean to.

Kamu yang bikin aku jadi manusia yang jauh lebih baik. Kamu doang yang ngambek mulu kalo aku aneh aneh, padahal ibu aja ga marah. Aku sampe sekarang masih suka ga nurut. Tapi aku dengerin kamu loh. Buktinya, aku sekarang makin rajin kuliah karena aku mau lulus cepet biar bisa cepet balik ke jakarta. Aku pake kerudung juga, salahsatunya, adalah karena, kalau nanti kita menikah, aku ga pantes membebankan dosa ke kamu kalo aku masih suka pake baju pendek. But seriously, jangan ngambek, i still wont listen to you. 

Kamu yang jauh jauh lebih baik daripada waktu kita pertama pacaran. Kamu ga pernah lagi ngatain aku lemah. Kamu lebih jarang ngatain aku jelek, walopun masih suka ngatain gendut. Kamu lebih perhatian, jauh. Gila kamu yang dulu boro boro perhatian, aku kemana aja kamu ga nanya, ga tau. Kamu yang sekarang lebih menyenangkan, ga marah marah mulu karena hal yang sepele. Kamu yang sekarang lebih bikin nyaman, iya, walopun aku suka ragu kamu dengerin aku apa ngga. Pokoknya sekarang aku tau kalo kamu sayang aku. Dan aku tau aku penting buat kamu. It makes me feel special and loved. 

Bukan cuma hal yang kamu lakuin, tapi hal yang aku tau akan kamu lakuin. Atau aku harap kamu lakuin.

Aku tau bahwa you are a hard worker. And i know, for sure, that you will give your best to your family. Aku percaya bahwa semua akan jadi baik-baik selama kita berdua mau give our best into this relationship. We, together, will get trough all ups and downs. 

Aku tau bahwa kamu akan jadi suami yang tidak membosankan. Iya. Soalnya kamu sahabat aku nomor 1. Kita bakalan travelling kemana-mana kan? Kalo kamu dapet cuti. Kalo kamu ga dapet cuti ya gapapa, ku yang jalan-jalan, uangnya dari kamu.

Aku tau bahwa kamu akan ngelindungin aku sama anak kamu nanti. Iya. Karena seorang pria dan imam harus loh itu ngelindungin keluarga. Kalo anaknya dijahatin sama orang, jahatin balik 2 kali lipat. Kalo anaknya dicolek, colek balik aja, tapi pake karbit. Aku tau bahkan kamu akan ngelindungin anak kamu nanti 100000 kali lipat. Pokoknya, kita bagi tugas, kalo abak kita kenapa-kenapa, kamu yang bales langsung, aku yang langsung nyiapin laporan ke polisi biar orangnya dipenjara. 

Aku tau bahwa kamu akan mendukung aku. Aku janji semua yang aku lakuin nanti akan berpengaruh baik sama anak. Biar anaknya bangga loh gitu punya ibu sekolahnya di belanda. Ku tau bahwa kita sama sama akan saling mendukung biar kita berdua jadi lebih baik. Jadi versi terbaik dari diri kita. 

Aku tau bahwa kamu ga akan kdrt atau poligami. Karena kalau kamu kaya gitu, tinggal aku laporin ke kantor. Kelar. Idup. Kamu.

Setelah mempertimbangkan dengan baik dan benar. Aku pada kesimpulan bahwa aku akan bahagia sama kamu, dan kita akan bisa membangun sebuah keluarga yang baik. Aku siap susah. Aku siap ditinggal-tinggal tugas. Aku siap kehilangan beberapa harapan aku, because you are my new purpose.

Oia. Kan udah tunangan. Kurang-kurangin nyebelinnya. Biar ga putus. Kalo putus nanti aku sedih. Gagal nikah sama orang yang aku harapkan bisa aku setrikain bajunya. Yaudah. Kapan kapan ke dufan lagi ya.

Nantikan episode 2 dari tulisan ini ya bo. Aku ngantuk sumpah. Babay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar