7 November 2018

Dek, mungkin dalam banyak hal kita ga sama, dan dan seringkali aku mengganggu kamu sampai kamu ga nyaman. Aku ga ga tau kamu gimana kamu ke aku, tapi ada yang mau aku sampaikan.

Dek, setahun kebelakang, banyak yang aku alami, yang merubah aku, cara pandangku, cara pikirku, sikapku. Waktu aku di umurmu, aku ga pernah tahu kalau ternyata aku akan berubah menjadi seperti ini.

Dek, aku belajar sesuatu. Bahwa mungkin kita harus berhenti melihat sesuatu jadi bagus atau jelek, baik atau buruk, benar atau salah, dan coba coba lihat bahwa daripada mengatakan "aku lebih baik", katakanlah "aku berbeda". Karena ternyata, kita ga pernah tahu apapun.

Dek, tujuan hidup itu bukan untuk sukses, tapi untuk jadi bahagia dalam kesederhanaan. Mungkin aku "salah". Tapi, capek kalau selalu punya ambisi yang ga kunjung selesai sampai kita lupa mensyukuri apa yang ada di genggaman kita. Jadilah apapun yang membuat kamu bahagia dek.

Yang paling susah ternyata adalah mengetahui apa yang kita inginkan, kemudian berani untuk mewujudkannya, meskipun kata orang lain itu bodoh.

Dek, aku salah selama ini. Mereka yang suka kehidupan malam punya alasan sendiri untuk melakukan yang mereka lakukan. Mereka yang ga mau kuliah pun punya alasan sendiri.  Selama ga merugikan orang lain secara langsung, selama ga merugikan kita secara langsung, rasanya kita ga punya hak untuk menghakimi atau mengomentari. Aku mau belajar menerima dek, mau berhenti menilai orang lain "baik" atau "buruk". 

Aku salah selama ini dengan berpikir kalau orang beda pandangan sama kita, salahsatunya salah sementara yang lain benar- aku ga mau begitu lagi.

Dek, nikmati. Hidup kamu itu indah. Cari apa yang bikin kamu bahagia, kejar. Aku ga lagi merasa perlu mendoakan kamu "sukses", aku doakan kamu bahagia- dan berani mengejar apa yang membuat kamu bahagia.

Aku sayang kamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar