15 Januari 2015

Hujan (?)

Saat hujan menciptakan cerita dan saat hujan membawa kembali cerita masa lalu
Jadi apa arti hujan bagimu?

Intronya bagus yak haha. Isi tulisan ini sih biasa aja. Pagi ini hujan, jadi inget sesuatu...

Akhir Desember 2014. Hujan seharian dan semaleman. PDGH 28. Pendidikan dasar gunung dan hutan, diklat organisasi pecinta alam di SMAN 70 Jkt. Basah. Dan gue ter-bully oleh alam. Pertama kalinya masuk hutan beneran loh itu. Dan hujan sepanjang hari. Baru beberapa jam masuk hutan udah penuh lumpur karena kepeleset terus.

Sebenarnya ingin menceritakan malam tanggal 28 Desembernya, malam survival, malam bivak alam. Bodohnya angkatan gue gagal bikin bivak alam. Kurang besar lah. Atapnya masih bolong bolong lah. Rangka buat bivaknya ga kuat lah. Ga bisa ngiket simpulnya lah. Jelek dah pokoknya.

Dan hujan sepanjang malam, sial. Baju basah, semua basah. Anginnya udah kaya angin mau badai itu atap sampe terbang semua. Se-saling-berhimpitan-itu tidurnya. Tiban-tibanan malah. Pertama kalinya berada se-nempel-itu sama orang lain cuma buat ngedapetin kehangatan. Miris.

Sebutlah okum n, dia temen seangkatan gue deh pokoknya waktu diklat. Cowo, kurus, kedinginan, menggigil sepanjang malam. Menggigil banget sampe yang giginya bunyi-bunyi gitu. Dan semaleman gue berpelukan sama dia untuk saling menghangatkan, eh, lebih ke gue meluk dia sih. Kedengeran gimana gitu ya? Tapi disaat kaya gitu yang dipikirin cuma gimana caranya bisa ngelewatin malem itu, gimanapun caranya, udah ga peduli lagi batas, malu, manja, kenyamanan atau gender. Kedengeran lebay jadinya.

Biasanya tidur kering dan anget di kamar. Suka sok-sok bikin ACnya dingin banget kalo lagi ujan cuma biar bisa pake kaos kaki dan selimut super tebel keringnya. Bisa matiin AC pake remot kalo kedinginan. Tapi malem itu? Gue berharap gue bisa ngatur suhunya. Terlalu dingin. Terlalu basah. Terlalu berangin.

Jadi, itu hujan yang gue ingat pagi ini. Dan gue bersyukur saat diluar hujan gua tidur hangat dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar